Jumat, 19 Februari 2016

APAKAH KITA AMAN DARI PENYAKIT KUTIL KELAMIN

APAKAH KITA AMAN DARI PENYAKIT KUTIL KELAMIN _ Penyakit kutil kelamin ini adalah penyakit yang umum. Penelitian membuktikan bahwa lebih dari satu juta kasus yang terjadi pada Negara berkembang dan jumlah ini terus meningkat. Namun tidak semua orang yang terinfeksi penyakit ini akan menunjukkan gejala. Bahkan bisa dikatakan hanya satu persen dari populasi yang terinfeksi virus HPV dapat menunjukkan gejala penyakit ini. Hal ini juga yang menyebabkan banyak penderita yang tidak tahu tentang penyakit yang sedang dialaminya ini.

 Apa yang menyebabkan Kutil Kelamin ?

Diketahui bahwa penyakit kutil kelamin ini disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Hal ini mengacu kepada sekelompok virus yang terdiri dari lebih dari delapan puluh jenis. Semua jenis ini dapat menyebabkan luka, lesi, luka, dan kutil. Yang paling umum dari jenis ini adalah tipe 6, Tipe 11, Tipe 16, dan Tipe 18. Tipe 6 dan 11 dianggap sebagai jenis HPV berisiko rendah karena mereka lebih berhubungan dengan lesi kulit dan luka. Sebaliknya, Tipe 16 dan 18 diklasifikasikan sebagai jenis berisiko tinggi karena mereka dapat menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal (neoplasia atau displasia). Kerusakan sel tersebut dapat menyebabkan kanker leher rahim atau dubur.

Bagaimana kutil menular?

Meskipun penyakit kutil kelamin ini diketahui sangat umum, ada cara untuk menghindari wabah penyakit ini. Yakni dengan menyadari bagaimana proses penyebaran virus HPV. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1.  Virus HPV dapat dengan mudah ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui hubungan seksual. Seseorang yang aktif secara seksual juga sangat beresiko terkena kutil kelamin. Terlepas dari jenis kelamin dan usianya, kelompok ini sangat rentan terhadap infeksi.
  2. Virus HPV dapat menyebar tidak hanya melalui hubungan seksual, tapi bisa juga melalui  berbagi mainan seks yang sama.
  3. Tidak hanya melalui penetrasi seks yang dapat menyebabkan penyakit kutil kelamin ini menular. Tapi Virus ini dapat dengan mudah ditularkan melalui kontak kulit.
  4. Jika Anda melakukan hubungan seksual dengan penderita kutil kelamin, Anda masih bisa tertular virus HPV, meskiun jika menggunakan kondom. Hal ini karena kondom tidak menutupi seluruh bagian dari area genital. Dengan demikian, Anda masih sangat beresiko dari penularan melalui kontak kulit.
  5. Tidak adanya kutil kelamin pada orang dengan virus HPV tidak boleh dianggap sebagai indikasi bahwa penularan HPV adalah mustahil. Justru kita harusnya sadar bahwa meskipun kutil kelamin tidak ada tapi kita masih bisa mendapatkan virus HPV.
  6.  Jika seseorang melakukan seks oral dengan penderita yang memiliki kutil kelamin atau orang dengan virus HPV, maka kutil itu dapat tumbuh di bibir atau di mulut Anda.
  7. Pertumbuhan kutil pada daerah kelamin ini juga sangat memungkinkan bagi kutil tersebut tumbuh di sekitar daerah dubur, bahkan tanpa seks anal.
  8. Jika tidak ada lesi atau luka yang hadir dari orang yang terinfeksi virus HPV, maka penyakit ini tidak akan menular melalui ciuman, berpelukan, berbagi handuk dan peralatan, mandi di kolam yang sama, dan menggunakan toilet yang sama.

APAKAH KITA AMAN DARI PENYAKIT KUTIL KELAMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar